Rabu, 26 November 2008

RUANG SISA


Sering dalam suatu bangunan atau komplek terdapat ruang-ruang sisa yang jarang mendapatkan sirkulasi. Hal ini menggugah saya untuk membahas ruang tersebut. Tepatnya di salah satu sudut UKDW (Universitas Kristen Duta Wacana). Disini saya akan menjelaskan tentang salah satu ruangan yang sisa tersebut. Berada pada sudut ruangan di kolong tangga. Pada gambar denah, saya tandai dengan garis berwarna orange,sedangkan garis berwarna hijau adalah garis yang sering dilewati orang. Saya tertarik dengan sudut ruang tersebut, karena memiliki irama tegangannya. Irama tegangan yang saya rasakan timbul karena permainan dari anak tangga tersebut. Yang menarik lainnya dari ruangan ini yaitu masih terikat dengan open space yang ada di depannya yang juga jarang dilalui orang. Melihat situasi seperti ini ruangan ini bisa diaplikasikan menjadi WC umum, ruangan untuk konsultasi, ruang untuk merenung ataupun ruang untuk bersembunyi.

Tidak ada komentar: